Evaluasi Selama Satu Minggu || BLC TELKOM KLATEN


A. PENDAHULUAN

  • Pengertian
Evaluasi kerja adalah kegiatan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan, pencapaian, hambatan, dan menentukan bagaimana kedepannya agar hambatan dan permasalahan tidak di ulangi lagi. 
    Evaluasi sangat penting bila kita ingin kedepannya menjadi lebih baik. Dan juga untuk menghindari kesalahan kesalahan yang kita buat dulu agar tidak mengalaminya sekali lagi. Untuk itulah kegiatan hari ini merupakan evaluasi, mulai dari diri sendiri, tempat pekerjaan, dan kegiatan sehari hari yang kita dapat.

  • Latar belakang masalah
Melakukan evaluasi tentunya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan juga untuk menilai apakah kegiatan yang kita lakukan sudah terjalani dengan baik atau belum. Dan juga untuk berbagi pengalaman dan masalah serta solusi yang kita hadapi, bukan malah mempermasalahkan masalah terus.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dari kegiatan ini adalah membahas tentang evaluasi kerja dan tujuannya yaitu agar bisa mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada untuk kedepannya agar tidak mengulangi permasalahan yang sudah di perbuat kemaren.

C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP 

- Evaluasi kegiatan kerja yang sudah dilakukan
- Pengalaman yang didapat dari kesalahan yang dialami

D. TARGET DAN HASIL YANG DIAHARAPKAN

Dapat menjadikan diri yang lebih baik dan meningkatkan produktivitas kerja kedepannya. Dan untuk menentukan tujuan yang selanjutnya.

E. METODE PELAKSANAAN




Berdiskusi membahas Evaluasi kerja dan saling bertukar hambatan, masalah, dan pengalaman masalah yang pernah di temui.

F. ALAT DAN BAHAN

- Laptop
- Koneksi Internet

G. TARGET WAKTU

08.00 - 16.00

H. TAHAPAN PELAKSANAAN

- Membaca materi metode evaluasi kinerja yang diberikan Mbah Suro.
- Menceritakan pengalaman perindividu capaian yang sudah didapatkan sesuai acuan dari blognya masing-masing, dan juga hambatan, permasalahanya.
- Mengevaluasi pengalaman masalah bersama dan menentukan solusi yang harus dilakukan kedepannya.
- Mengevaluasi diri.

I. TEMUAN PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA

Temuan permasalahan : 
1. Masih kurangnya memanejemen waktu.
2. Masih bingung membuat rencana kerja yang akan di konsultasikan kepada atasan.
3. Ketika berpendapat dan berkomunikasi masih sepotong-potong, dan menimbulkan pertanyaan pertanyaan baru.
4. Ketika berdiskusi masih sering adanya sebagian orang yang seenaknya sendiri, tidak serius dalam mengikuti kegiatan diskusi.

Penyelesaian/solusi:
1. Melatih kesadaran diri, dan harusnnya menaati budaya kerja.
2. Menanyakan kepada atasan bagaimana untuk rencana agendanya.
3. Selalu melatih untuk berkomunikasi sesuai dengan etikanya.
4. Menegur dan mengingatkannya.

J. KESIMPULAN YANG DIDAPAT

Evaluasi sangat penting dalam pekerjaan, agar kedepannya lebih baik dari yang sebelumnnya.

K. REFERENSI

- https://id.hrnote.asia/orgdevelopment/cara-efektif-melakukan-evaluasi-kinerja-201020/
- Hasil diskusi pengalaman yang didapat dan evaluasi yang harus dilakukan