A. PENDAHULUAN
- Pengertian
- Soft skills adalah kemampuan interaksi sosial yang di butuhkan di dalam pekerjaan agar dapat di percaya dalam pekerjaan. Dengan softskills adalah sebagai syarat untuk bekerja. Di karenakan di dalam industri soft skills sangat di butuhkan daripada hard skills.
- Latar Belakang Masalah
Dikarenakan softskills sangat berpengaruh besar pada industri daripada hardskills ( teknis )
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Membahas Soft skills dan tujuan dari kegiatan ini agar dapat mengerti, memahami, melakukan dan mengevaluasi yang terkandung pada buku "sukses dengan softskills"
C. RUANG DAN LINGKUP PEKERJAAN
- Pengertian Soft skills
- Area-area pada soft skills
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Sukses mengimplementasikan soft skills pada pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari
E. METODE PELAKSANAAN
- Briefing
- Mendengarkan
- Berdiskusi
- Tanya jawab
F. ALAT DAN BAHAN
Laptop
Koneksi Internet
G. TARGET WAKTU
08.00 - 16.00
H. TAHAPAN PELAKSANAAN
- Briefing yang dipimpin oleh Mas Agus
- Mendengarkan Ihya Ulumudiin menjelaskan
- Berdiskusi
> Pembahasan <
Seperti yang dijelaskan diatas, soft skill adalah skill yang tidak terlihat dan jarang diperhatikan di kehidupan sehari-hari. namun, sebenarnya skill ini sangat berpengaruh dalam keberhasilan kita.
Karena, 80% keberhasilan kita berasal dari soft skill kita. 20% -nya barulah berasal dari hard skill kita. soft skill memiliki banyak sekali jenis, sperti komunikasi, public speaking, manajemen uang, manajemen waktu. Namun, di E-book yang kita bahas terdapat 7 soft skill yang akan dibahas.
Skil-skill ini adalah skill yang akan kita perlukan saat bekerja atau berwirausaha nantinya. 7 skill tersebut disingkat COLLEGE atau kalau bahasa indonesianya adalah "kuliah". sangat sesuai dengan tema buku tersebut yaitu "Membangun soft skill di kehidupan perkuliahan".
- Manfaat memiliki Soft skill
Soft skill sangat berguna, di dunia kerja maupun di kehidupan sehari-hari. ini dikarenakan 80% keberhasilan kita tergantung dari soft skill yang kita miliki.
orang yang memiliki hard skill bagus, misalnya pandai ngoding, ahli ngoprek , atau yang lainnya. akan kalah dengan orang yang memiliki soft skill yang bagus. karena orang yang memiliki soft skill yang bagus akan mudah bergaul, berkomunikasi, atau bekerja kelompok ketimbang orang yang memiliki hard skill namun tidak memiliki soft skill.
- Communication
Di buku ini, terdapat 7 skill yang akan dijelaskan. skill-skill tersebut adalah Communication, Organization skill, Leadership skill, logic, Effort, Group skill dan Ethics. skill-skill tersebut disingkat dengan COLLEGE.
Skill pertama adalah Communication, yaitu skill yang berhubungan dengan ngomong. skill ini berguna agar teman kita atau atasan kita tidak salah paham. fungsi utama dari komunikasi adalah agar orang lain paham dengan perasaan kita, karena orang lain bukan dukun yang tau isi pikiran kita . oleh karena itu kita perlu yang namanya komunikasi.
Selain itu skill komunikasi juga sangat berguna saat kita akan presentasi . di saat kita presentasi, tentunya kita memerlukan yang namanya komunikasi. orang yang tidak memiliki skill komunikasi akan kesusahan saat ingin berkomunikasi dengan teman atau atasan, apalagi saat dia mau presentasi.
Oleh karena itu kita perlu memiliki yang namanya skill komunikasi.
- Organization skill
Yang selanjutnya adalah skill dalam beroganisasi. mulai dari penampilan, manajemen waktu dan manajemen pekerjaan.
Didalam organisasi, penampilan kita sangat penting. karena orang-orang akan melihat kita dari penampilan saat pertama kali bertemu, oleh karena itulah kita harus memberikan kesan pertama yang baik.
Yang selanjutnya adalah manajemen waktu. saat kita berada dalam organisasi, kita akan mendapatkan banyak sekali pekerjaan dan tentunya pekerjaan tersebut sangat menyita waktu kita. oleh karena itulah kita harus pandai-pandai mengatur waktu. misalnya waktu untuk kerja, waktu untuk tidur, waktu untuk istirahat dan melakukan hobi, dan lainnya. jika kita tidak bisa mengatur waktu, waktu kita akan tersita denga pekerjaan-pekerjaan yang menumpuk tersebut.
- Leadership
Skill selanjutnya adalah leadership. yaitu skill memimpin, skil ini berhubungan dengan sebaik apa kita memimpin suatu kelompok atau tim. skill ini sangat bermanfaat terutama jika ditunjuk untuk menjadi pemimpin.
Misalnya di tempat kerja kita ada pembagian kelompok. lalu kita ditunjuk untuk memimpin . kalau kita tidak memiliki jiwa pemimpin, bagaimana kita memipin. oleh karena itulah kita perlu memiliki skill leadership.
Selain memiliki jiwa pemimpin, kita juga harus menjadi pemimpin yang baik, berikut merupakan aspek-aspek yang ada didalam seorang pemimpin yang baik :
1. Memiliki Visi
2. Cakap secara teknis
3. Membuat keputusan tepat
4. Berkomunikasi dengan baik
5. Menjadi teladan
6. Mampu mempercayai orang lain
7. Mampu menahan emosi
8. Bertanggung jawab
- Logic
Skill selanjutnya adalah logic alias logis. berpikir logis yang dimaksud adalah berpikir kreatif dan kritis. Berfikir kreatif adalah bagaimana otak kita berkreasi dan menemukan ide-ide yang bermanfaat. sehingga akan berguna ketika kita sedang menghadapi masalah dan sedang mencari solusi.
Sedangkan berpikir kritis adalah bagaimana otak kita menerima informasi yang masih mentah, orang yang memiliki pikiran yang kritis akan mengolah informasi tersebut dan tidak menerimanya mentah-menath, ia akan bertanya darimana informasi tersebut, apa hubungannya dengan saya, kenapa dia memberitahukannya kepada saya, dan lainnya. sehingga ia tidak akan termakan informasi palsu dan penipuan.
- Effort
Yang selanjutnya adalah Effort atau usaha. skill ini berhubungan dengan diri kita, apakah diri kita itu orang yang mau berusaha atau malah orang yang pemalas. Effort sangat penting dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari. karena saat kita ingin melakukan pekerjaan kita ,tentunya kita memerlukan effort atau usaha.
Jika kita hanya ingin melakukan sesuatu dan tidak mau berusaha untuk menggapainya, sama saja dengan percuma. karena usaha tanpa do'a adalah sombong dan do'a tanpa usaha adalah sia-sia. maka dari itu padukanlah keduanya, jadi kita berusaha sekaligus berdo'a untuk keberhasilanya.
- Group skill
Group skill adalah skill yang berhubungan dengan kerjasama tim. misalnya sebagus apakah kamu dalam mengikuti suatu tim atau group. misalny posisi kita, tugas kita, keaktifan kita ataupun effort kita.
Intinya skill ini sangat diperlukan agar kita dapat mengikuti suatu tim dan berperan di dalam tim tersebut.
- Ethics
Yang terakhir adalah etik . skill ini berhubungan dengan etika dan akhlak. seberapa sopankah kita, bagaimana kita mempeerlakukan bawahan kita, bagaimana sikap kita didepan atasan. intinya skill ini bertujuan untuk bersikap yang baik, termasuk akhlak dan penampilan.
- Tanya jawab
I. TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIANNYA
J. KESIMPULAN YANG DIDAPAT
Didalam Industri yang sangat dibutuhkan adalah softskillsnya tapi bukan berarti bahwa hardskills itu tidak penting. Di karenakan Soft skills sangat berpengaruh dalam pekerjaan itu 80% dan hard skills 20%
K. REFERENSI
- Sukses dengan Soft Skills