Self Awarness ( Membangun Kesadaran Diri ) || BLC TELKOM KLATEN

 

A.PENDAHULUAN

  • Pengertian
        Kesadaran diri adalah kemampuan sesorang untuk memahami dan mengenali diri sendiri mengenai kempuan, kapasitas, kekurangan dan kelebihan.

  • Latar Belakang Masalah

Dikarenakan saya masih belum terlalu bisa menyadari diri sendiri di saat suatu kondisi tertentu.


B.MAKSUD DAN TUJUAN

  •  Maksud

    Sadar diri Kapanpun dan dimanapun

  • Tujuan

    Tidak melakukan kesalahan yang sama kedepannya.

    Mengetahui kekurangan diri sendiri dan memperbaikinya.


C.BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

  • Batasan 

     self awarness( kesadaran diri )


  • Ruang lingkup pekerjaan 

    - Pengertian sadar diri

    - Berdiskusi

    - Evaluasi kesalahan    



D.TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Bisa menyadari diri sendiri di manapun kita berada

Tidak melakukan kesalahan yang sama kedepannya

 memperbaiki kesalahan kesalahan yang saya telah lakukan


E.METODE PELAKSANAAN

Membaca referensi

mendiskusikan

menerapkannya dalam kehidupan sehari hari



F.ALAT DAN BAHAN


  • Alat 

    Laptop

    Mouse

    charger

    keyboard external


  • Bahan 
Koneksi internet 
 

G.TARGET WAKTU

08.00 - 16.00

H.TAHAPAN PELAKSANAAN

- Mencari referensi di internet

- Berdiskusi Bersama-Sama 




- Apa itu self awarness ( kesadaran diri )

Ada beberapa ilmuan berpedapat

1. Listyowati (2008)

beranggapan bahwa self awarnes ( kesadaran diri ) adalah sebuah kondisi atau keadaan untuk menyadari dirinya sendiri dengan sebaik-baiknya.

2. Koeswara
Self awarnes ( Kesadaran diri ) kapasitas yang bisa seseorang mampu mengenali dirinya sendiri atau membedakan dirinya dengan orang lain yang ada di dunia.

3. Goeman 

Self awarnes ( Kesadaran diri ) adalah kemampuan manusia dalam mengetahui dan memahami kekuatan, kelamahan, nilai, dorongan, dan dampaknya bagi orang lain.

4. Solso dkk( 2007 )

kesadaran diri adalah sebuah kesiapan seseorang terhadap peristiwa yang ada di lingkungan sekitar.

 

- Evaluasi kesalahan

saya sendiri masih kurang sadar diri, lupa tujuan, harapan dan keinginan, dan masih egois. seharusnya dalam kondisi apapun saya bisa menyadari posisi, kapasitas, kesanggupan, kekurangan, dan kelebihan diri saya sendiri, supaya Tidak egois dalam meakukan sesuatu/kepentingan.


I.TEMUAN PERMASALAHAN DAN CARA PENYELESAIAN MASALAHNYA

Saya sendiri kadang lupa diri, mengenai tujuan saya, saya berperan sebagai apa, Beerkerja apa.

 

Solusi :

membangun kesadaran diri( tujuan saya apa, berperan sebagai apa, kapasitas diri sendiri seberapa ).

J.KESIMPULAN YANG DI DAPAT

Kesadaran diri adalah kemampuan yang sangat penting untuk mengetahui dan memahami Kekurangan , kelebihan, dan kesanggupan seseorang dalam suatu kondisi.


K.REFERENSI

https://www.gramedia.com/best-seller/self-awareness-kesadaran-diri/ 

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQKFX_MowUWLucGxCSC34T9Ek_YUonBObsN2g&usqp=CAU