Kebijakan pengembangan ekonomi digital tahun 2020 - 2024 || BLC TELKOM KLATEN


 

A.PENDAHULUAN

  • Pengertian

Di saat maraknya digitalisasi di masa sekarang maka kita harus bisa membangun kebijakan bersama untuk mengembangkan Teknologi di zaman sekarang. Dengan era digitalisasi zaman sekarang maka kita harus bisa berkembang dan mengikuti perkembangan zaman.

  • Latar Belakang Masalah

Di karenakan di indonesia sendiri masih banyak harus di kembangkan, contoh misal ada di beberapa daerah di indonesia yang belum terpasang internet.

B.MAKSUD DAN TUJUAN

Halaman ini akan menjelaskan kepada kalian tentang Kebijakan digitalisasi tahun 2020 - 2024.

 

C.BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN

  • Batasan

Strategi pengembangan ekonomi digital tahun 2020 - 2024


  • Ruang lingkup pekerjaan

-Perkembangan ekonomi digital 

-Tantangan dan peluang ekonomi digital

-Ekonomi digital untuk kesejahteraan masyarakat

-Strategi dan kebijakan

D.TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Dapat mengetahui dan serta membantu untuk mengembangkan ekonomi digital di indonesia

E.METODE PELAKSANAAN

Membaca dan menjelaskan 
Tanya menanya


F.ALAT DAN BAHAN

  • Alat

Laptop

Mouse

Keyboard


  • Bahan

koneksi internet

 

G.TARGET WAKTU

4 jam ( 08.00 - 12.00 )

H.TAHAPAN PELAKSANAAN

Briefering 

Membaca dan menjelaskan 




Penjelasan


Lebih cepat lebih baik

Adopsi teknologi mengikuti rute Non-Tradisional

1. Perkebangan Ekonomi Digital

Tren Global:

- Perusahaan teknologi mendominasi dalam kurun dunia usaha

- waktu yang di butuhkan elektronik untuk mencapai adopsi massal semakin cepat, dan hanya kurun 5 tahun bagi media sosial untuk menjadi fenomena global

- Teknologi juga membawa persaingan lainnya ke pasar usia rata rata perusahaan s&p 500 secara signifikan menurun kurang dari 20 tahun dalam 5 dekade.


Jumblah usaha Di sektor ekonomi digital indonesia

352 Start up di bidang E-Commerce 35,48%

53 Start up di bidang Fintech 5,34%

55 Start up di bidang game 5,54%

532 Start up di bidang Lainnya 53,63% 

 

Perusahaan Start up Bernilai tinggi

                                     

Ekonomi Digital Memberikan Dampak Signifikan ke Ekonomi

 

2. Tantangan dan peluang ekonomi digital

Perkembangan Digitalisasi melalui Industri 4.0 Menciptakan Tantangan Berbeda Antar Negara

Negara-negara maju :
o Resiko sistemik
o Governance
o Permasalahan koordinasi dengan sektor swasta

 
Negara-negara berkembang :
- Biaya tinggi untuk implementasi industri 4.0
- Menghubungkan daerah terpencil dengan kepadatan penduduk rendah: Cost of
Connectivity
- Kesulitan menciptakan kesempatan kerja baru (dampak adanya transformasi)

Tantangan Pekerjaan Masa Depan: Teknologi Digital dan Otomatisasi Menciptakan Timbulnya Pekerjaan Baru dan Potensi Kehilangan Pekerjaan

3. Ekonomi digital untuk kesejahteraan masyarakat

Diperlukan Upaya Kolektif untuk Menciptakan Inklusi, Efisiensi, dan Inovasi di Era Digital.

Pemanfaatan TIK untuk Pemerataan Pembangunan

Mempercepat Akses Pemangku Kepentingan pada Pemanfaatan Ekonomi Digital

4. Strategi dan kebijakan
Strategi Pembangunan Transformasi Digital tahun 2020-2024
- Integrasi Layanan dan Infrastruktur SPBE:
Pusat Data Nasional, Satu Data Indonesia, Jaringan Intra Pemerintah, integrasi aplikasi
- Perluasan Broadband:
Penyediaan BTS Last mile, Akses Internet, Satelit multifungsi
- Pemanfaatan infrastruktur TIK
(pendidikan, kesehatan, sosial, pertanian, e-commerce, platform industri 4.0, serta kota cerdas)
- Adopsi teknologi:
Big Data, Internet of Things (IoT)
- Penguatan SDM Digital:
Literasi Digital, Digital Talent Schoolarship
- Penguatan Industri TIK dalam negeri:
Penguatan TKDN, pengurangan perangkat ilegal

 

I.KESIMPULAN YANG DI DAPAT

Kebijakan untuk membangun ekonomi digitalisasi sangat penting di karenakan kalau kita tidak memperhatikan ekonomi digital di indonesia maka indonesia tidak akan bisa maju.

J.REFERENSI

-Arah Kebijakan Strategi Ekonomi Digital.pdf