A.PENDAHULUAN
- Pengertian
E-business merupakan berbisnis melalui media digital seperti website, internet, laptop, komputer maupun handphone. e-business menjadi populer saat ini karena membuat kita kita dapat melakukan pembelian tanpa keluar rumah dan hanya bermodal handphone, internet dan atm atau pembayaran melalui aplikasi dana dan semacamnya.
sehingga kurang lengkap apabila suatu bisnis yang menjual barang atau jasa tidak memiliki platform sendiri untuk mendistribusikan barang/jasanya. misalnya seperti orang berjualan baju yang kemudian memasarkan barangnya melalui toko online, sehingga barangnya dapat diakses secara lebih luas.
- Latar Belakang Masalah
karena sekarang zamannya digitalisasi, kita juga harus mempelajarinya , dan bukan hanya memakainya.
B.MAKSUD DAN TUJUAN
- Maksud
- Tujuan
Memberikan pemahaman E-businnes kepada anda....!
C.BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
- Batasan
E-Businnes
- Ruang lingkup pekerjaan
- apa itu e-business
- awal perkembangan e-business
- akibat positif dan negatif dari e-business
- aplikasi yang bersangkutan dengan e-busines
D.TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat mengetahui dan memahami betul apa itu E-Businness, sejarah, dan juga aplkasinya.
E.METODE PELAKSANAAN
F.ALAT DAN BAHAN
- Alat
Laptop
Mouse
Keyboard
- Bahan
koneksi internet
G.TARGET WAKTU
5 jam ( 08:00 - 13:00 )
H.TAHAPAN PELAKSANAAN
- apa itu e-business
e-business merupakan melakuakan wirausaha melalui media digital seperti internet, website, toko online, lewat komputer ataupun handphone. sehingga membuat barang atau jasa yang kita jual dapat diakses secara lebih luas.
e-busines merupakan cara beru untuk berjualan di era digital sekarang , bahkan banyak sekali orang yang bejrualan secara online di internet seperti amazon, ali baba, shopee , dan lain-lain.
jadi, e-business secara sederhana adalah berjualan secara online alias melalui internet , sehingga barang jualan kita dapat dibeli oleh orang yang memiliki akses. misalnya seperti berjualan handphone melalui fb atau melalui toko online seperti amazon atau shopee.
dan karena maraknya jual beli secara online , kita juga harus mempelajarinya , bukan hanya memakainyadan tidak mengetahui cara kerjanya.
- awal perkembangan e-business
pada tahun 1970 , aplikasi e-business pertama kali dikembangkan dan digunakan sebagai transaksi pembayaran melalui internet yang disebut sebagai Electronic Fund Transfer (EFT).
Dalam perkembangan berikunya ditemukannya electronic data interchange (EDI). yang digunakan untuk mentransfer data secara rutin, seperti dokumen-dokumen sampai transakasi keuangan.
pada tahun 1990 dimana teknologi www alias world wide web semakin berkembang dan tidak hanya dapat mentransfer data, namun juga dapat mentransfer gambar, suara dan juga animasi.
dan pada tahun 2000-an perkembangan e-business semakin pesat dimana perusahaan-perusahaan mulai menjual barangnya melalui internet dan website bahkan asia ,eropa, australia dan benua-benua lain mulai melakukannya.
- akibat positif dan negatif dari e-business
dengan populernya e-business alias berjualan online, e-busines memiliki beberapa dampak positif yang dapat dirasakan oleh pembeli dan penjual ,yaitu :
- revenue sream baru yang mungkin tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. alias kita dapat memiliki sumber pendapatan dari sumber yang tidak bisa dilakukan melalui transaksi tradisional
- dapat meningkatkan pangsa pasar (market exposure). yang membuat seluruh orang didunia dapat mekakses barang kita
- menurunkan biaya operasional
- melebarkan jangkauan
- meningkatkan customer
- memperpendek waktu produksi pemasaran
- meningkatkan mata rantai pendapatan
begitulah merupakan beberapa sisi positif yang ada di e-busines atau bisnis digital. selain begitu banyaknya manfaat yang tidak bisa didapatkan melalui sistem trafisional, e-business juga memilki beberapa sisi negatif. yaitu :
- pencurian informasi
- kehilangan peluang melakukan jual beli karena hilangnya sambungan
- kehilangan kepercayaan dari pelanggan karena ulah seseorang yang memang berencana buruk terhadap perusahaan
- penggunaan akses ke sumber yang tidak berhak
- kerugian yang tidak terduga
- aplikasi yang bersangkutan dengan e-business
- ERP (Enterprise Resource Planning)
merupakan software yang digunakan untuk mengelola informsi , stock barang, mengelola transaksi dan hubungan dengan pelanggan
- SCM (Supply Chain Management)
merupakan software yang mengatur lalu lintas pasokan yang masuk dan juga barang yang sudah terjaual. sehingga semua barang yang masuk dan barang yang keluar akan tercatat dalam software ini.
- CRM (Customer Relationship Management)
yaitu
software atau algoritma yang memiliki informasi mengenai barang yang
sering dicari atau yang sedang dicari oleh pelanggan . sehingga website
tahu akan menampilkan dan menawarkan barang apa.