PENGGUNAAN ELEMEN DAN TAG PADA HTML || BLC TELKOM

 


A. PENDAHULUAN

Assalamualaikum wr.wb , bertemu lagi dengan saya,,,kali ini saya akan memberikan pemahaman mengenai Tag dan Elemen... Simak yah temen temen😀😀

•Pengertian

Elemen pada html adalah  sebuah komponen yang menyusun atau mengelompokkan dokumen html.


Tag merupakan suatu penanda untuk menandai elemen-elemen salam suatu dokumen HTML. FUNGSI dari Tag ialah untuk memberikan instruksi atau memberitahu kepada browser bagaimana objek di tampilkan berdasarkan tag yang di gunakan.


•Latar Belakang Masalah


B. MAKSUD DAN TUJUAN

 Untuk memahami dan menguasai Dasar Tag dan Element pada HTML.



C. Batasan dan Ruang lingkup pekerjaan

mencangkup pengertian, penggunaan dan penulisan Tag dan Elemen


D. TARGET DAN HASIL YANG DI HARAPKAN

- Memahami pengertian, fungsi, cara kerjanya Tag dan Elemen


E. METODE PELAKSANAAN

- Mencari literasi di internet 

- Membaca dan memahaminya

- Coding penulisannya...


F. ALAT DAN BAHAN

•Alat

- Komuter

- Text editor

- Browser (untuk mengakses filenya)


•Bahan
-koneksi internet



G. TARGET WAKTU
 

3 jam


H. TAHAPAN PELAKSANAAN

 1. Pertama sebelum coding kalian bisa install software untuk coding terlebih dahulu kalian bisa pake Text editor, Notepad++, Vs code, dll

 

2. Nah karena saya makek text editor biasa. langsung saja kalain membuat file html nya terlebuh dahulu caranya kalian buka file > klik kanan > Create New Document > Empty Document

 
 
3. Kalian Ubah nama filenya terserah yang penting berformat .html atau .htm ,,, nah disini saya menamakan file nya contoh.html
 


 
4. setelah selesai membuat file nya, langkah selanjutnya kalian bisa masuk ke software untuk coding nya!!! seperti yang saya katakan tadi saya memakai software Text editor yang sudah ada di dalam linux mint.



 

5. Nah setelah masuk, kalian bisa buka file yang sudah di buat tadi kalo saya tadi membuat filenya bernama contoh.html , maka file itu yang saya buka/open.

6. Nah saya akan menulis Tag tag dasarnya terlebih dahulu nanti saya akan jelaskan Tag dan Elemennya.


7. Nah tag seperti pengertian di atas tadi. Tag merupakan suatu penanda untuk menandai elemen-elemen salam suatu dokumen HTML. FUNGSI dari Tag ialah untuk memberikan instruksi atau memberitahu kepada browser bagaimana objek di tampilkan berdasarkan tag yang di gunakan. 
 


 
Contoh <!DOCTYPE HTML> ,tag ini berfungsi sebagai pemberitahu kepada web browser sebagai penulisan standar html. <head> berfungsi untuk menampung data data yang untuk memperindah tampilan html, seperti menambah title, menghubungkan file, dan CSS. tag <title> adalah judul atau potongan kalimat sederhana untuk menjelaskan isi halaman secara keseluruhan. Tag <body> pada HTML digunakan untuk mendefinisikan konten utama yang ditampilkan di dalam laman HTML. Tag ini selalu diakhiri dengan tag </body>. Tag <body> adalah child akhir dari tag <html>. Sebuah tag body mengandung tag awalan dan akhiran.

kalau di tampilkan pada browser maka hasilnya akan menjadi seperti ini:


>pembahasan elemen<
1. Elemen seperti yang saya berikan pengertiannya di atas tadi, bahwa elemen itu funsinya untuk menyusun dokumen HTML.
 
Contoh :

1. kalau misalkan yang elemen <html> ya segini:
 


 
2. kalau misalkan yang elemen <head> segini:



 
3. Dan untuk elemen <Body> :
 



kita lihat hasilnya di Browser, caranya kalian save dulu file nya dan kalian klik file nya otomatis akan di bawakan ke browser.

 


Okelah, mungkin kalian sudah paham lah menegenai elemen dan tag itu seperti apa. See You....

 

I. TEMUAN MASALAH DAN PENYELESAIAN MASALAH

-


J. KESIMPULAN YANG DI DAPAT
-


K. REFERENSI

https://www.codepolitan.com/tag-dan-atribut-pada-html-belajar-html

https://brainly.co.id/tugas/13215752

https://arieflaksono.digital/memahami-cara-menggunakan-dan-fungsi-title-tag-untuk-seo/


Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, dan sekian dari saya terimakasih....

Wassalamualaikum wr.wb