MEMPERBAIKI EMPLOYABILITY SKILLS(2) || BLC TELKOM KLATEN

 


 A. PENDAHULUAN


•Pengertian

 Employability skill merupakan suatu keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk mendapatakan pekerjaan atau dapat tetap bekerja, meliputi keterampilan personal, keterampilan interpersonal, sikap, kebiasaan, dan perilaku( Lankard, 1990). 

Perencanaan (Planning) merupakan fungsi yang terpenting, karena tanpa adanya perencanaan maka fungsi-fungsi lain tidak dapat dilaksanakan dan tentunya tujuan manajemen tidak akan tercapai.

 

Pengorganisasian adalah fungsi manajemen dalam hal pembagian tugas dan kegiatan besar menjadi kecil untuk dibagikan pada para anggota sesuai keahlian masing-masing anggota organisasi.


•Latar Belakang Masalah

agar saya bisa merencanakan dan mengorganisasi diri saya sebelum bekerja.


B. MAKSUD DAN TUJUAN

agar tujuan ke depan jelas dan terarah dengan baik.


C. Batasan dan Ruang lingkup pekerjaan

Di karenakan saya mau melatih diri saya untuk merencanakan dan mengorganisasi saat bekerja.


D. TARGET DAN HASIL YANG DI HARAPKAN

ingin kedepannya saat bekerja harus ada perencanaan dan pengorganisasian

agar terarah pekerjaan saya.


E. METODE PELAKSANAAN

- Membaca 

- Mencari literasi di google dan memahaminya

- Melakukan 

 

F. ALAT DAN BAHAN


•Alat

Laptop

Buku tulis

Bolpoin 


•Bahan

Koneksi internet


G. TARGET WAKTU

5 jam

 

H. TAHAPAN PELAKSANAAN

> saat belajar dam memahami perencanaan dan pengorganisasian <

1. Membaca E-book yang di berikan oleh mbah suro

2. memahami dan mencari literasi dan liberasinya di google 

3. melakukan perencanaa dan pengorganisasian

contohnya pas saat membersihkan piring di dapur:

 

- Seperti saya saat mau memersihkan piring saya harus merencanakan dan mengorganisasikan terlebih dahulu kepada teman teman.

- mencari teman yang mau membantu untuk membersihkan piring 

- melakukan pengorganisasian yaitu pembagian tugas saya yang nyuci dan temen saya yang Membilasi piring nya.

 

I. TEMUAN MASALAH DAN PENYELESAIAN MASALAH

saya sendiri kadang masih melakukan pekerjaan tanpa perencanaan dan pengorganisasian terlebih dahulu


J. KESIMPULAN YANG DI DAPAT

perencanaan dan pengorganisasian sangat penting dalam pekerjaan, karena tanpa adanya perencanaan dan pengorganisasian, pekerjaan akan tidak terarah dan tidak efisien.


I. REFERENSI

https://qwords.com/blog/fungsi-manajemen/