Cara Installasi Linux mint

 A.Pendahuluan

Assalamualaikum Wr, Wb.

Bertemu lagi dengan saya Adelwin,, Pada kesempatan hari ini saya akan membagikan cara install Linux Mint Cinnamon, Linux mint adalah sistem operasi berbasis linux yang merupakan anak cabang dari debian.



  • Pengertian

Linux adalah keluarga sistem operasi bebas dan sumber terbuka yang pada dasarnya dibangun di atas kernel Linux, yaitu sebuah kernel sistem operasi yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada 1991. Linux dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU versi 2.

  • b. Latar belakang Masalah

Dikarenakan saya ingin memasang linux mint Ke leptop saya.


B. Maksud dan Tujuan

Untuk Mengubah Windows saya Ke Linux mint

Tujuan dari instalasi ini adalah agar kita dapat mengerti cara install linux dan mendalami linux mint 


C. Batasan dan ruang lingkup pekerjaan

- Penginstallan Linux mint


D. Target dan hasil yang di harapkan


Menginstall dan Menerapkan linux mint ke dalam leptop saya


E.Alat dan Bahan

- Laptop ( Laptop yang saya gunakan bermerek Samsung )

- Koneksi Internet

- Flashdisk ( Kingston Traveler 16gb )

- ISO Linux Mint Cinnamon ( 20.2 )


F. Target Waktu

9 Jam


G. Tahapan Pelaksanaan

1.cokolan flastdisk anda masing masing setting bios dan atur boot pertama ke flasdisk 


2.lalu pilih grup linux mint yang paling atas LINUX MINT


3.kemudian kalau udah masuk ke tampilan linux mint kalian cari di pencarian Gpartiy

lalu kalian buka

4.lalu kalian buka Gpartinya kalian hapus semua partisi yang ada di situ tidak tersisa 

NOTE : JIKA ADA DATA PENTING SILAHAKAN ANDA BACKUP DATA TERLEBIH DAHULU


5.kemudian kalian bikin partisi yang baru pertama kalian bikin Linux Swap itu 2x ram kalian 



Contohnya misalnya saya punya ram 8 gb 2x berarti 16gb



 6.Nah kalau udah begini kalian tinggal menambahkan sistem dan data kalian masing masing tergantung harddisk kalian masing masing





7.dan tinggal kalian accept sudah anda berhasil membuat partisi baru dan tinggal kalian instal linux mintnya



8.dan tinggal kalian jalankan instalasinya dengan cara klik icon cd 



9.kemudian kalian pilih bahasa saran saya gunakan bahasa inggris saja 



10,dan kalian pilih bahasa keyboart dan bahasa sistemnya 

NOTE : disarankan mengunakan bahasa default saja 



11.kemudian kalian kalian pilih multimedia codec untuk menginstal secara automatis dan 

pilih next



12.lalu kalian pilih someting else itu tujuannya untuk membikin pastisi sendiri



13.kemudian kalian pilih partisi sistem kalian kalian change dan pilih EXT 4 dan ceklis format partision dan mount pointnya kalian isi / slas



14.kemudia kalian pilih instal now dan kalau ada peringatan itu di continue saja



15.kemudian kalian isi wilayah kalian dimana kalau di indonesia pilih indonesia



16.kemudian kalian isi username kalian dan password kalian masing masing sudah tinggal klik continue





15.kemuadian kalian tunggu prosesnya berlangsung seklitar 10 sampai 20 menit 


16.kemudian kalau udah selesai kalian pilih restart now nanti automatis akan restart sendiri


17.kemudian kalian cabut flasdisk dan klik enter kalian nanti akan masuk ke tampilan linux mint kalian masing masing


Mungkin itu saja yang dapat saya ajarkan Sekian dari saya terimakasih....

Wassalamualaikum wr, wb.