A. PENDAHULUAN
- Pengertian
- Latar belakang masalah
Bekerja tanpa persiapan atau perencanaan maka akan menimbulkan tidak adanya motivasi dan tidak tau apa yang akan di lakukan.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Mempunyai persiapan-persiapan sebelum bekerja, dan tujuannya agar siap dalam bekerja dan agar tidak menimbulkan kebingungan saat melakukan pekerjaan.
C. BATASAN DAN RUANG LINGKUP PEKERJAAN
- Persiapan persiapan dalam bekerja
D. TARGET DAN HASIL YANG DIHARAPKAN
- Siap dalam bekerja ataupun di ajak bekerja
- Paham yang akan mau dilakukan agar bisa bekerja
E. METODE PELAKSANAAN
- Memahami dan menentukan persiapan persiapan agar siap dalam bekerja
F. ALAT DAN BAHAN
- Laptop
- Koneksi Internet
G. TARGET WAKTU
10.00 - 16.00
H. TAHAPAN PELAKSANAAN
Seseorang yang di katakan siap bekerja adalah mempunyai Employability Skills
- Employability Skills mencangkup 8 Aspek yaitu :
1. Inisiatif
Inisatif adalah melakukan sesuatu dengan niat dan tidak terpaksa atau disuruh orang lain
2. Perencanaan dan Pengorganisasian
Sebelum melakukan suatu pekerjaan, harus di rencanakan dulu apa yang akan dilakukan. Setelah di rencanakan baru organisasikan siapa orang orang yang terlibat dalam pekerjaan tersebut, jangan malah memaksa untuk melakukan sendiri.
3. Manajemen Diri
Manajemen diri yaitu pengelolaan terhadap diri sendiri, Bagaimana seseorang bisa mengendalikan emosi, sikap, dan dapat memanajemen waktu dirinya sendiri.
4. Selalu Belajar
Dengan belajar kita akan selalu mendapatkan pengetahuan/informasi yang baru. Dan belajar tidak harus di sekolah, belajar bisa dimana saja. Semisal dengan kalian melihat seseorang menyapu kalian juga bisa belajar dari yang kalian lihat. Pengalaman pengalaman juga bisa di buat untuk pelajaran, bahwa ada yang mengatakan "Pengalaman adalah guru yang terbaik" itulah mengapa jika kalian mempunyai pengalaman pengalaman yang buruk, jadikanlah pengelaman itu sebagai pelajaran.
5. Mengikuti dan menggunakan teknologi
Di era zaman modern ini kita haru bisa mengikuti perkembangan zaman, seperti menggunakan teknologi dan mempelajari. karena hampir sebagian besar sekarang industri menggunakan teknlogi dalam bekerja. Contohnya seperti Laptop, Handphone, Ipad dan lain sebagainya.
6. Komunikasi
Nah di dalam komunikasi inilah yang mempunyai peranan yang sangat penting. Di karenakan jika bekerja tidak ada komunikasi sama sekali, entah itu komunikasi bersama teman ataupun atasan, apakah pekerjaan bisa berjalan? tanpa adanya komunikasi. Pekerjaan tidak akan dikatakan berjalan jika tidak adanya komunikasi
7. Problem Solving
Problem Solving adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah. Dalam bekerja pasti akan ada yang namanya permasalahan contoh misal kalian sedang menyapu halaman tapi malah sapu pengannya patah, maka orang tersebut akan segera memperbaiki kerusakan yang ada di sapunya tersebut dengan mengganti kayu pegangannya. itulah contoh yang dimaksud problem solving
8. Team Work
Team work atau Kerja Tim merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya. Dalam membangun Team Work yang baik, maka harus memenuhi aspek aspek sebelumya yaitu ( Inisiatif. perencanaan dan pengorganisasian, manajemen diri, Selalu belajar, Mengikuti dan menggunakan teknologi, Komunikasi, dan Problem solving).
Akan terjadi permasalahan-permasalahan yang tidak di inginkan jika dalam menggunakan kedelapan aspek tadi tidak secara urut(meloncat-loncat). Di karenakan kedelapan aspek yang ada di atas itu saling keterkaitan satu sama lain.
I. TEMUAN PERMASALAHAN DAN PENYELESAIANNYA
-
J. KESIMPULAN YANG DIDAPAT
Seseorang dikatakan siap dalam bekerja maka harus mempunyai Employability Skills. Di karenakan Employability skills sangat berperan penting untuk membuat pekerjaan menjadi produktif.
K. REFERENSI
- Strategi Budaya kerja Vokasi.pdf
- 8 Aspek Employability Skills